Anak Gigit Puting saat Menyusui, Nih Cara Mengatasinya

anak gigit puting

TOPMETRO.NEWS – Mungkin sering, anak gigit puting saat menyusui. Harus diakui, proses menyusui sangat penting bagi perkembangan bayi. Nah, masalah bagi ibu yang masih menyusui anaknya yang sudah tumbuh gigi, seringkali anak gigit puting susu ibunya. Kebiasaan ini bakal jadi masalah dan bisa melukai puting si ibu. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Anak Gigit Puting Jangan Membentak

dr. Elizabeth Yohmi, Sp.A seorang dokter Spesialis Anak sekaligus Konsultan Laktasi mengingatkan hal pertama yang tidak boleh dilakukan adalah dilarang membentak saat anak mengigit.

“Cara menyampaikan ibu dengan baik itu juga diperlukan, ya kalau emang nyeri atau apa sakit ngomong sajalah,” ujar dr Elizabeth dalam diskusi Instagram Live @ayahbunda_, Kamis (4/6/2020).

Ekspresi Ibu Bisa Dipahami

Tapi cara penyampaiannya pun harus benar dan bicara dengan jelas, tapi bukan dengan marah dan membentak.

Sampaikan rasa sakit dengan ekspresi dan anak bisa mengerti, meskipun anak belum bisa berbicara.

“Merubah ekspresi, itu salah satu teknik kita berkomunikasi dengan baik, karena biasanya anak tertawa saat ibunya berubah ekspresi, dan dia ingin tahu,” paparnya.

Beri Biskuit atau Pegangan Lain

Ada juga solusi lain saat anak punya kebiasaan itu, orangtua bisa memberikan biskuit atau pegangan sebagai pelampiasan gigitannya, mengingat biasanya anak yang tumbuh gigi akan cari pelampiasan rasa tidak nyamannya.

“Saat itu ya kasih makanan yang bisa digigit, biskuit, buah yang dislice untuk memenuhi keinginan anak menggigit-gigit,” imbuhnya.

Sementara itu, ada beberapa tanda anak sudah mulai tumbuh gigi, seperti sering meneteskan air liur, gusi bengkak dan memerah, mudah marah, lebih rewel, sering menangis, sulit tidur, hingga sering mengigit atau mengunyah dan mengisap sesuatu.

BACA SELENGKAPNYA | Sedang Menyusui Anak ke 3, Seorang Ibu Diperkosa Tetangga, Leher Diancam Belati

Seperti diwartakan Topmetro.News sebelumnya, seorang ibu diperkosa tetangga sedang menyusui anaknya. Korban ibu yang diperkosa tetangga itu berinisial MS (33). Ibu rumahtangga itu diketahui diperkosa tetangganya sendiri, RH (38). Lantas bagaimana hal ini bisa terjadi?

Wanita nahas yang berdomisili di Kecamatan Tuah Negeri, Kabupaten Musi Rawas (Mura), Sumatera Selatan ini diperkosa tetangganya saat sedang menyusui anaknya di rumah.

reporter | Dpsilalahi
sumber/sumber | suara/tempo

Related posts

Leave a Comment